Kata Bijak, Kata Mutiara dan Kisah Motivasi

45 Kata Mutiara Tentang Pentingnya Ilmu

Kata Mutiara
Ilmu adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan ini. Butuh ilmu untuk menjalani hidup. Baik ilmu Agama maupun ilmu pengetahuan lainnya. ketahuilah bahwa menuntut ilmu itu ibadah, bahkan merupakan ibadah yang paling agung dan utama. Allah akan memudahkan jalan kita ke surga jika kita menempuh jalan untuk menuntut ilmu.Allah sangat mencintai orang-orang yang menuntut ilmu dan orang yang berilmu yang didasarkan atas iman akan diangkat derajatnya oleh Allah.

Kata Mutiara Tentang Pentingnya Ilmu

Kata Mutiara Tentang Pentingnya Ilmu, pentingnya ilmu pengetahuan, kata mutiara menuntut ilmu, kata mutiara islami tentang ilmu, Pentingnya Belajar Ilmu Agama, Kata bijak menuntut Ilmu, kata kata tentang ilmu, kata bijak pelajar, kata motivasi pelajar, semangat belajar
Belajar
Allah mengangkat orang-orang beriman di antara kamu dan juga orang-orang yang dikaruniai ilmu pengetahuan hingga beberapa derajat. ( al-Mujadalah : 11 )

Tuntulah ilmu pengetahuan itu mulai dari buaian, sampai keliang lahat. ( Hadits )

Ilmu lebih utama daripada harta. Sebab ilmu warisan para nabi adapun harta adalah warisan Qorun, Firaun dan lainnya. Ilmu lebih utama dari harta karena ilmu itu menjaga kamu, kalau harta kamulah yang menjaganya. (Ali bin Abi Thalib )

Bukanlah kebaikan itu dengan banyaknya harta dan anak, tetapi dengan banyaknya ilmu, besarnya kesabaran, mengungguli orang lain dalam ibadahnya, apabila berbuat kebaikan ia bersyukur dan bila berbuat salah (dosa) ia beristighfar kepada Allah. (Ali bin Abi Thalib )

Engkau tak dapat meraih ilmu kecuali dengan enam hal yaitu cerdas, selalu ingin tahu, tabah, punya bekal dalam menuntut ilmu, bimbingan dari guru dan dalam waktu yang lama. ( Ali bin Abi Thalib )

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya. ( Ali bin Abi Thalib )

Allah tidak mewajibkan orang-orang yang bodoh untuk menuntut ilmu kecuali terlebih dahulu mewajibkan orang-orang yang berilmu untuk mengajar. ( Ali bin Abi Thalib )

Kami rela Allah membagikan ilmu untuk kami dan membagikan harta untuk musuh kami. Harta akan binasa dalam waktu singkat dan ilmu akan abadi dan tidak akan musnah. ( Ali bin Abi Thalib )

Dengan kecerdasan jiwalah manusia menuju arah kesejahteraan. ( Ki Hajar Dewantara )

Bantinglah otak untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya guna mencari rahasia besar yang terkandung di dalam benda besar yang bernama dunia ini, tetapi pasanglah pelita dalam hati sanubari, yaitu pelita kehidupan jiwa. ( Al- Ghazali )

Hendaklah kamu semua mengusahakan ilmu pengetahuan itu sebelum dilenyapkan. Lenyapnya ilmu pengetahuan ialah dengan matinya orang-orang yang memberikan atau mengajarkannya. Seorang itu tidaklah dilahirkan langsung pandai, jadi ilmu pengetahuan itu pastilah harus dengan belajar. ( Ibnu Mas’ud r.a )

Yang paling saya takutkan atas umat ini ialah orang munafik yang berilmu. ( Umar bin Khattab )

Ditimbang tinta para ulama dengan darah para syuhada. Maka beratlah tinta para ulama daripada darah para syuhada. ( Hasan al-bashri )

Tidaklah sekali-kali aku bertukar pikiran dengan seseorang dengan tujuan aku lebih suka ia salah. ( Imam Syafi’i )

Belajar adalah sikap berani menantang segala ketidakmungkinan bahwa ilmu yang tak dikuasai akan menjelma di dalam diri manusia menjadi sebuah ketakutan, belajar dengan keras hanya bisa dilakukan oleh sesorang yang bukan penakut. ( Anwar Fuadi )

Bencana akibat kebodohan adalah sebesar-besar musibah seorang manusia. ( al-Ghazali )

Ilmu pengetahuan tanpa agama lumpuh, agama tanpa ilmu pengetahuan buta. ( Albert Einstein )
Baca Juga : Kumpulan Kata Bijak Albert Einstein

Ilmu pengetahuan itu tidak akan memberikan sebagian dirinya kepadamu sampai engkau memberikan seluruh dirimu kepadanya. ( pepatah )

Orang tidak mungkin mencapai tigkat muttaqien, apabila tidak berilmu, dan apa guna ilmu apabila tidak dibuktikan dalam perbuatan. ( Abu Darda )

Orang berilmu lebih utama daripada orang yang selalu berpuasa, shalat dan berjihad. Karena apabila mati orang berilmu, maka terdapatlah kekosongan dalam islam yang tidak dapat ditutup selain oleh penggantinya yaitu orang berilmu juga. ( Umar bin Khattab )

Ilmu pengetahuan hanya bergerak dengan lambat, merangkak dari satu titik ke titik lainnya. - Alfred Tannyson

Tidak ada kata terlambat untuk mencari ilmu

Saat anda memiliki ilmu, anda harus mengajarkannya kepada orang lain.

Saat anda memiliki ilmu, gunakanlah ia untuk menciptakan sesuatu.

Ilmu adalah senter yang menerangi jalan kehidupan yang gelap.

Jadilah orang berilmu, agar anda, keluarga anda, dan lingkungan anda menjadi lebih baik.

Tidak ada kata berhenti untuk menuntut ilmu, karena setiap saat sampai kita meninggal kita selalu membutuhkan ilmu

Jika anda berhenti menuntut ilmu, maka anda akan tertinggal dengan orang lain.

Menuntut ilmu harus setiap saat. Tapi kita tidak harus sekolah terus menerus. Saat bekerjapun kita bisa memetik sebuah pengetahuan.

Motivasi untuk menuntut ilmu harus selalu dikembangkan, karenatanpa motivasi kuat, menuntut ilmu sangat berat. Tapi dengan motivasi yang tepat, menuntut ilmu akan terasa ringan, bahkan sangat ringan.

Jika anda selalu gagal melakukan sesuatu, itu artinya ada ilmu yang belum anda ketahui, tapi harus anda ketahui.

Jika harus memilih antara ilmu dan harta, maka pilihlah ilmu. Karena ilmu yang tepat bisa melahirkan harta.

Jika orang-orang dulu malas menuntut ilmu, maka kita masih berkeliaran dihutan berburu hewan dengan batu sebagai pisau.

Kita merasakan teknologi berkembang pesat. Renungkanlah bahwa hal itu tak akan tercipta tanpa peran orang-orang berilmu.

Jika engkau memiliki kekayaan, maka sisipkanlah sebagian untuk menuntut ilmu. Karena itu adalah investasi terbaik.

Jika ada seseorang berinvestasi tanpa didasari sebuah ilmu, jika dia untung, itu karena faktor keberuntungan semata.

Ilmu tak akan anda peroleh dengan bermalas-malasan.

Banyak orang belajar keras saat di sekolah, tapi melupakan semuanya saat dewasa. Siapaun anda, belajarlah untuk “tidak melupakan ilmu mu”.

Semakin anda sombong dan merasa sudah banyak tahu, semakin anda terperosok kedalam jurang kebodohan.

Jika anda merasa sudah sangat pintar, artinya sudah lama anda tidak memperlajari sebuah bidang ilmu yang baru. Semakin banyak yang anda tahu, semakin anda merasa banyak hal yang tidak anda ketahui.

Jika ilmu ditarik dimuka bumi ini, maka manusia adalah ‘hewan’ paling lemah diantara semuanya

Seandainya semua hewan di dunia ini secerdas manusia, mampukah kita mengalahkan semut yang jumlahnya 1 juta kali lebih banyak.

Jika anda tidak merasa kalau ilmu itu “penting”. Saya yakin anda bukanlah tokoh-tokoh besar.

Ilmu tidak terbatas pada pelajaran -pelajaran yang telah anda pelajari di sekolah atau di kampus. Tapi jauh lebih luas.

Satu-satunya perlindungan terbaik menghadapi hari-hari susah adalah memperbanyak ilmu di saat-saat mudah.

Jika anda memiliki waktu kosong maka gunakanlah untuk merenung (mencari ilmu). Sebenarnya anda telah mengumpulkan banyak informasi dasar, yang bisa dijadikan pengetahuan baru.

Itulah 45 Kata Mutiara Tentang Pentingnya Ilmu yang saya rangkum dari berbagai website, semoga bisa memotivasi Anda aga lebih giat menuntut ilmu.

                 
Kata Bijak

Back To Top